top of page
Search

Macanga Institute memulai Kerjasama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Mamuju

Kalukku, 20 Mei 2022

Macanga Institute diwakili Victor Matanggaran (Direktur) dan Zul Fadli (Humas) bertemu dengan Seksi Pembinaan dan Kasubie Pendidikan dan Bimkesmas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Mamuju pada hari Jumat, 20 Mei 2022. Adapun pertemuan ini untuk membahas potensi kerjasama dalam melaksanakan program pembinaan pada warga binaan anak di LPKA Kelas II Mamuju tersebut. Mansur, Kasi Pembinaan menjelaskan saat ini terdapat 10 anak yang dibina dengan masa hukuman beragam. Menurutnya, pembinaan terhadap ana yang terjerat kasus kriminal adalah tanggung jawab bersama LPKA dan Masyarakat sehingga kerja sama dengan berbagai pihak terbuka, utamanya lembaga yang memiliki keahlian yang dibutuhkan.


Macanga Institute sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan akan menyusun kurikulum pendidikan karakter dan melaksanakan program belajar khusus bagi warga binaan anak selama beberapa bulan untuk membantu meningkatkan aspek-aspek psikologis seperti mindset, kepercayaan diri, kecerdasan emosional dan lain-lain berkaitan dengan pembangunan karakter dan psikologis. Diharapkan program ini akan mampu mencegah kembalinya anak menjadi narapidana (residivis) di kemudian hari. Victor menjelaskan pentingnya memastikan bahwa program ini tidak hanya memotivasi tetapi lebih dari itu dapat mengubah cara berpikir dan memicu tindakan positif bagi para peserta. Program pendidikan karakter seperti ini merupakan hal baru yang diharapkan benar-benar dapat membantu perubahan anak yang menjadi narapidana agar benar-benar dapat memanfaatkan waktunya di Lembaga Pembinaan untuk belajar dan bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik.

Rencana Program ini disambut baik oleh pihak LPKA Mamuju dan akan segera di mulai pada bulan Mei 2022 ini. Sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan untuk pemuda, Macanga Institute akan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki untuk membawa perubahan pada warga binaan anak di LPKA Kelas II Mamuju. Hal ini merupakan kerjasama yang pertama kali dilakukan oleh kedua belah pihak dan diharapkan akan berlanjut di masa yang akan datang.

14 views0 comments
bottom of page